AJARAN PUNCAK BHAGAVAD-GITA


AJARAN PUNCAK BHAGAVAD-GITA

Kresna, Arjuna, Bhagawadgita gambar png
Ajaran puncak Bhagavad-gitā adalah bahwa sebaiknya orang berserah diri kepada Tuhan. Tuhan berjanji untuk segera mengurus jiwa yang telah berserah diri seperti itu. Seorang penyembah murni adalah insan yang senantiasa berserah diri kepada Tuhan, seperti halnya seorang anak berserah diri kepada ayah dan ibunya atau seekor hewan berserah diri kepada tuannya.

Berserah diri berarti memiliki keyakinan yang kuat bahwa Tuhan akan menyelamatkan kita dari segala kondisi yang berbahaya. 


Langkah pertama dalam penyerahan diri adalah bahwa kita hendaknya menerima apa pun yang mendukung bhakti. Kemudian kita hendaknya menolak apa pun yang tidak mendukung bhakti. Tingkatan selanjutnya adalah keyakinan kuat bahwa dalam situasi apa pun Tuhan akan melindungi kita dan memelihara kita.

Sesungguhnya, Tuhan telah memberikan perlindungan dan pemeliharaan bagi semua orang. Itu adalah kenyataan. Tetapi dalam pengaruh māyā (ilusi) kita berpikir bahwa kita sedang melindungi diri kita sendiri, atau bahwa kitalah yang sedang menyediakan makanan bagi diri kita sendiri.

Demikian di dunia material ini Tuhan telah mengatur pemeliharaan kita, tapi juga hukuman bagi kita. Jika seseorang melakukan dosa ini maka datang tamparan. Jika seseorang melakukan dosa itu maka datang tendangan. 


Hal ini berlangsung di bawah judul 3 jenis penderitaan rutin (tri-tāpa-yantraṇā):
- penderitaan oleh badan atau pikiran;
- penderitaan oleh oleh makhluk hidup lain;
- penderitaan oleh bencana alam di bawah kendali Tuhan dan dewatā.

Begitu seseorang berserah diri kepada Tuhan, Dia akan merawat kita secara pribadi. Seperti janji-Nya di dalam Bhagavad-gītā (18.66), "Aku akan menjagamu. Aku akan menyelamatkanmu dari segala reaksi doṣa. Jangan khawatir." Kṛṣṇa bersabda, "Janganlah ragu." Janganlah berpikir, "Oh, saya telah melakukan begitu banyak doṣa. Bagaimana Kṛṣṇa menyelamatkan diri saya?" Tidak, Kṛṣṇa Mahahebat. Tuhan mampu menyelamatkan Anda. Kewajiban kita adalah berserah diri kepada-Nya dan mengabdikan hidup kita dalam pelayanan kepada-Nya tanpa syarat. Maka tidak diragukan lagi Tuhan akan menyelamatkan Anda.

Literasi: Karma Keadilan Tertinggi, Bhagavad-gītā.

Comments

Popular posts from this blog

Hubungan SUPERSEMAR dan G30S PKI

Kematian aktivis penegak HAM indonesia ( Munir Said Thalib )

Kesedihan Bung Karno atas kepergian Ahmad Yani saat peristiwa G30S PKI